Mencegah Spam Klik Adsense

label

Apakah Anda tiba-tiba mendapat banyak sekali klik dan merasa mengalami bom klik pada akun Adsense Anda?

Melanjutkan artikel kemarin yang membahas tentang statistik “aneh” dan tidak wajar di laporan Adsense, kali ini .

Anda akan mempelajari bagaimana cara melindungi dan mengatasi akun Adsense dari bom klik, serta menjaga akun Adsense Anda tetap sehat wal-afiat.


Bom klik merupakan salah satu mimpi buruk terbesar bagi banyak publisherAdsense. Demi menjaga kualitas dari ads-network milik mereka, Google memonitor setiap klik yang terjadi dengan sangat seksama dan mengambil tindakan tegas terhadap penayang Adsense yang mengklik iklannya sendiri atau pun menyuruh orang lain melakukannya.
Nah, karena Google membayar dengan sistem pay per click, tidak sedikit penayang Adsense penasaran untuk mengklik iklannya sendiri untuk memperoleh tambahan beberapa dolar di akun Adsense mereka. Namun Google memiliki sistem canggih nan rumit, untuk melacak dan mengenali klik tidak sah tersebut dan bila ‘tertangkap’, maka akun Adsense Anda akan segera dinon-aktifkan.
Jika Anda sering menengok ke forum-forum tentang Adsense, banyak orang melaporkan bahwa mereka kehilangan akun Adsense mereka karena aktivitasinvalid seperti mengklik iklan sendiri secara berulang-ulang.
Tapi tidak sedikit pula di antara mereka yang mengaku bahwa mereka tidak pernah melakukan klik iklan sendiri, dan mencurigai ada seseorang lain yang melakukannya memang dengan tujuan agar akun Adsense mereka dibanned oleh Google. Nah, fenomena inilah yang kemudian dikenal sebagai aktivitas ‘bom klik’ atau click bombing.

Bagaimana cara mencegah bom klik di akun Adsense?

Sesungguhnya, tidak ada cara praktis guna mencegah pelanggaran klik. Namun, ada beberapa opsi untuk mengurangi peluang sekaligus menghindari efek negatif pada akun Adsense Anda yang disebabkan aktivitas bom klik.
Meskipun tidak bisa sepenuhnya, berikut adalah cara atau opsi terbaik yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya bom klik:
Selalu memperhatikan laporan di akun Adsense Anda dan memonitor jumlah klik dan nilai CTR. Jika Anda menemukan aktivitas tidak wajar, seperti misalnya, mendapat banyak klik dalam periode waktu yang pendek, coba pelajari lagi dengan lebih seksama.
Apakah ia terus berlanjut dan naik terus? Apakah ia terjadi dalam jeda waktu yang sangat singkat?
Jika jumlah klik relatif tinggi dan terus berlanjut, itu menunjukkan ada seseorang yang mengklik iklan Adsense Anda secara berulang-ulang dan ada kemungkinan ia sengaja melakukannya dengan tujuan agar akun Adsense Anda di-banned oleh Google. Ini bisa dilakukan mungkin oleh ‘pesaing’ Anda, bisa juga orang lain tanpa memiliki alasan yang jelas.
Nah, yang bisa Anda lakukan adalah:
  • Mencopot iklan Adsense Anda untuk sementara, sehingga tidak ada lagi iklan yang bisa diklik.
  • Membiarkan iklan tetap tampil, tapi Anda membuang otorisasi situs yang menampilkan iklan.
Saya  menyarankan untuk melakukan opsi kedua karena beberapa alasan. Pada opsi pertama, ketika Anda mencopot iklan, orang yang melakukan bom klik akan tahu bahwa Anda telah mencopot iklannya. Ia akan senang demi mengetahui Anda menyadari ada sesuatu yang tidak beres. Betul, ia akan berhenti mengklik karena tidak ada lagi iklannya, tapi ia akan kembali begitu Anda mengembalikan iklan Anda.
Pada opsi kedua, ia tidak akan tahu bahwa Anda membuang otorisasi situs karena ia tetap melihat iklan tampil seperti biasanya. Meskipun dia terus melanjutkan mengklik iklan Anda, Google tidak akan lagi menghitungnya, karenanya blog Anda akan aman dari ancaman banned.
Kemudian diharapkan, orang yang melakukan bom klik akan lelah sendiri, dan jika mereka tidak memperoleh hasil dari “kerja kerasnya”, ia akan berhenti dengan sendirinya (mudah-mudahan seperti itu, hehehe….).

Lalu, apa yang harus dilakukan setelah benar terbukti telah terjadi aktivitas tidak valid?

Seperti saya sampaikan di atas, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menghapus otorisasi situs pada setelan Adsense agar klik tidak lagi dihitung oleh Google.
Langkah selanjutnya, coba dapatkan informasi sebanyak-banyaknya, selengkap-lengkapnya berkaitan dengan aktivitas tidak valid yang terjadi. Nantinya, informasi ini dibutuhkan oleh Google.
1. Catat tanggal dan waktu terjadinya aktivitas invalid.
2. Analisa Google Analytic (atau statistik lain) dan cari sumber trafik yang mencurigakan. Catat (jika memungkinkan) alamat IP dari kunjungan yang mencurigakan ke halaman-halaman yang mendapat klik tidak valid.
Jika Anda menggunakan dan membuat URL Channel atau Custom Channel(saluran khusus), Anda bisa dengan mudah mengetahui halaman mana yang mendapat klik. Ini lah salah satu alasan penting mengapa Anda mesti membuat saluran khusus, selain untuk meningkatkan CPC Adsense.
Nah, setelah Anda berhasil mengumpulkan informasi-informasi penting tadi, saatnya Anda melaporkan kejadian ini kepada pihak Google.

Bagaimana cara melaporkan aktivitas tidak sah kepada Google Adsense?

Penting bagi Anda untuk segera melaporkan kepada Google, ketika mendapatkan aktivitas tidak wajar pada akun Adsense Anda, sehingga pihak Adsense mengetahui bahwa Anda tidak berlaku curang dan berniat baik. Google sangat menghargai hal ini, dan akun Adsense Anda akan aman-aman saja.
Namun saya ingatkan, sebelum Anda melaporkan masalah ini kepada Google, pastikan Anda telah mengikuti aturan dan kebijakan Adsense.
Karena, pada saat Anda melaporkan aktivitas tidak sah yang terjadi pada akun Adsense Anda, kemungkinan besar tim Adsense akan me-review kembali website / blog Anda untuk mencari penyebab memungkinkan terjadinya aktivitas tidak valid yang dimaksud. Dan jika mereka menemukan bahwa ada beberapa hal dari blog Anda yang melanggar kebijakan Adsense, jelas ini akan menjadi masalah.
Setelah semua oke, Anda siap melaporkan aktivitas tidak valid ke pihak Google Adsense. Buka halaman“Formulir Kontak Klik Tidak Valid”, dan berikan semua informasi yang dibutuhkan.
mencegah dan mengatasi pelanggaran bom klik adsense
Nah, itulah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan ketika mencurigai adanya bom klik pada akun Adsense Anda. Sukses selalu untuk kita semua.

Semua berdasarkan pengalaman dan akhirnya bom klik dapat dihindari semoga anda dapat juga menghindari bom klik karena oknum oknum nakal tersebut , dan bagi para bom klik sadarilah kita cari uang halal dan anda mempermainkan kami dengan hal tersebut apa anda tidak sadar apa yang anda perbuat sebaiknya bertobatlah thanks for reading this article guys.

Share This :
Show comments
Hide comments
avatar

Wah bermanfaat buat ane gan yg NB publisher adsense jg

delete August 3, 2017 at 12:41 PM
avatar

Jadi belum ada cara 100% yah, tapi setidaknya bisa di minimalisir yah, thanks gan

delete August 3, 2017 at 5:10 PM
avatar

Memang mengerikan kalau sampe kena bom klik. Makasih banyak artikelnya sangat bermanfaat sekali

delete August 3, 2017 at 5:24 PM
avatar

Bermanfaat banget buat publisher adsense baru kaya ane

delete August 3, 2017 at 5:34 PM
avatar

Jadi takut nih 😞😞

delete August 3, 2017 at 5:50 PM
avatar

Lagi banyak mau baca tentang adsense nih karena sekarang lagi dalam tahap review jadi nanti kalo misalkan bisa diterima sudah ngerti hehe.
Thanks for sharing gan!

delete August 3, 2017 at 6:08 PM
avatar

Mantab, informasi model gini nih ane doyan, bermanfaat dan membantu..sip gan!

delete August 3, 2017 at 6:25 PM
avatar
Anonymous

coba ah, takut juga ada yang spam klik

delete August 3, 2017 at 6:46 PM
avatar
Unknown person

Wah bagus nih untuk mengamankan akun adsense

delete August 3, 2017 at 7:22 PM
avatar
Unknown person

wah, ngeri juga yah....
padahal baru aja pasang adsense.
:(

delete August 4, 2017 at 10:59 PM
avatar

Wah mantap nih.. Bksa buat jaga jaga kalo besok udah punya akun adsense

delete August 5, 2017 at 8:53 AM
avatar

Wah ini bisa jadi saran buat ane nantinya pas kira kira keterima adsense, thanks gan infonya.

delete August 7, 2017 at 5:29 AM
avatar
Unknown person

Bermanfaat buat newbie kayak gue

delete August 8, 2017 at 5:25 AM

Berkomentarlah dengan Baik dan Benar

[+] Komentar Relevan
[+] Tidak mengandung SARA
[+] Tidak ber Iklan
[+] Jangan Memancing Permusuhan

sentiment_satisfied Emoticon